cara menaikan cc pada mobil


     Meningkatkan Performa Mobil
  1. Gambar berjudul Boost Your Car's Horsepower Step 1
    1
    Kurangi beban mobil tersebut. Salah satu cara paling mudah yang dapat Anda lakukan saat ini untuk meningkatkan tenaga pada mobil adalah membuat kendaraan Anda menjadi seringan mungkin, sehingga leluasa untuk melaju lebih baik. Keluarkan benda-benda yang tidak dibutuhkan dari mobil Anda, dan kosongkan mobil Anda semaksimal mungkin untuk mendapatkan performa yang optimal.
  2. Gambar berjudul Boost Your Car's Horsepower Step 2
    2
    Gunakan sistem knalpot bebas hambatan (free flow). Meningkatkan spesifikasi sistem knalpot untuk mendapatkan performa yang lebih tinggi dapat menambah tenaga pada mobil Anda hingga 5 sampai 10 tingkat DK (Daya Kuda), pada kendaraan-kendaraan dengan sistem mesin standar, sedangkan kendaraan yang memiliki fitur tambahan supercharger bahkan dapat ditingkatkan tenaganya lebih lagi.
    • Adalah konsep yang salah bahwa memperbesar pipa knalpot secara ekstrem akan berdampak negatif pada tekanan di bagian belakang, karena mengakibatkan turunnya torsi dan tenaga pada mobil. Sebenarnya, kebanyakan mesin mobil justru berperforma lebih baik saat menggunakan sistem free flow, baik dalam hal aliran gas masuk, header, dan pembuangan gas.
  3. Gambar berjudul Boost Your Car's Horsepower Step 3
    3
    Gunakan pipa tes. Lakukan riset tentang sistem cat-back atau sistem jalan pintas, yaitu yang juga disebut “pipa tes”. Sistem-sistem berjalan dari konverter katalis sampai ke pipa knalpot, sehingga meningkatkan tenaga mobil. Paket alat ini biasanya berharga beberapa juta rupiah, tetapi Anda dapat menghemat biaya dengan membandingkan harga di berbagai toko dan memasangnya sendiri.
    • Ukurlah diameter pipa yang keluar dari konverter katalis, dan gantikan dengan pipa knalpot yang lebih besar. Anda dapat membayar petugas bengkel untuk memasangkannya, atau memasangnya sendiri dengan memotong pipa knalpot yang lama dan meninggalkan beberapa centimeter untuk dilas. Jika Anda melakukannya sendiri, posisikan pipa knalpot yang baru pada tempatnya dan lakukan pengelasan atau klem/ikatkan pada titik tempat Anda memotong sebelumnya. Pasangkan ulang kait penggantung yang Anda lepaskan sebelumnya.
  4. Gambar berjudul Boost Your Car's Horsepower Step 4
    4
    Tingkatkan spesifikasi saringan udara mobil Anda menjadi jenis free flow yang dijual di toko-toko suku cadang mobil. Adalah ide bagus untuk membeli saringan udara free flow yang cocok untuk mobil Anda dan memasangnya untuk meningkatkan tenaga mobil Anda. Hasilnya mungkin tidak terlalu drastis, tetapi ini adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa performa kendaraan Anda berada pada tingkat yang seoptimal mungkin.
    • Bukalah kap mesin mobil, carilah kotak saringan udara, dan lepaskan kotak itu. Lepaskan baut-baut atau sekrup-sekrupnya, dan berhati-hatilah agar tidak kotak saringan udara tidak terkontaminasi dengan debu atau kotoran apa pun dari luar. Lepaskan dan buanglah saringan udara yang lama. Bersihkan bagian dalam kotak tersebut dengan kain basah dan masukkan serta pasang saringan udara yang baru, yaitu yang berjenis free flow.
    • Waspadalah, karena banyak saringan udara jenis free flow dapat mengakibatkan partikel-partikel yang lebih besar masuk ke mesin dan saringan oli, terutama jika kondisinya tidak terpelihara dengan baik, dan juga dapat menyemprotkan oli ke dalam saluran-saluran mesin. Oli dari saringan udara ini dapat merusak atau menghancurkan sensor mass air flow (MAF) pada kendaraan, maka bersiap-siaplah menghadapi kemungkinan ini. Pada mesin yang mengalami induksi paksa semacam ini, manfaat yang sangat sedikit dari peningkatan aliran udara karena saringan udara yang Anda beli di toko biasanya kalah oleh fakta bahwa sistem turbo akan mensuplai udara yang dibutuhkan (terlepas dari jenis saringan udara apa pun yang digunakan), serta oleh sangat meningkatnya daya tahan saringan udara tersebut dalam menyaring oli dan butiran-butiran pasir di dalam saluran mesin dan MAF.




  5. Gambar berjudul Boost Your Car's Horsepower Step 5
    5
    Lakukan riset untuk memilih antara sistem turbocharge atau supercharge.Memasang sistem supercharge pada mesin berukuran fisik besar, atau sistem turbocharge pada mesin yang berukuran fisik lebih kecil, pada dasarnya merupakan proses bongkar pasang ulang mesin dan peningkatan spesifikasi komponen tekanan laher pada mesin tersebut. Hal ini membutuhkan biaya puluhan juta rupiah. Ini adalah proyek yang sangat besar, tetapi sekaligus merupakan cara paling efektif untuk menambah tenaga pada mobil Anda.[1] Jika Anda memutuskan untuk memasang sistem supercharge pada mobil Anda, Anda dapat mempertimbangkan beberapa jenis di antaranya, seperti yang dijelaskan di bawah ini:
    • Root supercharger adalah jenis sistem supercharge yang tertua, yang biasanya merupakan jenis yang paling murah dan cukup populer pada mobil balap. Sistem ini menyalurkan kadar udara yang sangat banyak melalui pipa isap masuk yang berukuran berkali-kali lipat, sehingga memberikan lonjakan tenaga yang ekstrem dengan cepat.
    • Twin screw supercharger menarik udara melalui lubang kecil, lalu menahannya dalam kotak rotor dan melakukan kompresi udara dalam alat berbentuk kerucut. Jenis sistem ini tidak legal di beberapa lokasi, dan biasanya menimbulkan bunyi sangat keras yang mengganggu.
    • Centrifugal supercharger memanfaatkan kipas bertenaga listrik untuk menarik udara bertekanan tinggi ke dalam kompresor, hingga putaran mesin mencapai 60.000 RPM dengan mudah. Karenanya, ini adalah jenis sistem supercharge yang paling efisie   
  6.     Cara 1 : Memperbesar Ledakan

  7. Dengan mempelajari prinsip dasar terjadinya ledakan maka kita memahami bahwa terjadinya ledakan disebabkan oleh bahan bakar ( object yang diledakan ) bercampur dengan udara ( sebagai media/katalis ) disulut oleh api ( trigger ) di dalam ruangan padat tekanan. 

    maka cara untuk memperbesar ledakan adalah dengan menaikan ketiga komponen tersebut, The Question is ... seberapa banyak ? dan yang mana dulu nih ....

    Untuk mengetahui seberapa banyak persisnya, dibutuhkan perhitungan dan pengetahuan yang tidak dapat dipelajari dalam hitungan hari, namun jangan khawatir, sekarang sudah banyak peralatan aftermarket yang dibuat oleh teknisi berpengalaman sehingga bisa langsung di aplikasikan pada mobil.

    disini saya berikan logika dasar dan pembuktian nya saja, menggunakan percobaan sederhana bagaimana hubungan api, udara dan bahan bakar.
    - Ambil sebatang korek api, nyalakan, lalu tutup dengan gelas ...
    - Ambil 5 Batang korek api dan nyalakan sekaligus, lalu tutup dengan gelas kaca berukuran sama
    Mana yang lebih cepat padam ? harusnya yang 5 batang justru lebih mudah padam, karena api yang makin besar membutuhkan lebih banyak udara sebagai katalis.

    Namun, Terlalu banyak udara juga tidak bagus ... coba saja.. nyalakan korek, lalu tiup, api justru akan padam

    dari percobaan simpel diatas, terlihat sekali kan bahwa Mixture antara Udara dan Bahan Bakar harus Seimbang

    Peralatan yang bisa di aplikasi : 

    1. Api : 

    - Koil : Aplikasi penggantian koil aftermarket yang memiliki voltase output lebih besar dibandingkan OEM merupakan cara untuk menghasilkan api yang lebih besar, namun sebaiknya disertai dengan penggunaan busi dan kabel busi yang memadai, ibarat nya koil ini sumber air nya, kabel busi sebagai pipa penyalur, dan busi sebagai kran ... jika sumber nya besar, namun pipa dan keran nya tidak memadai.. maka air tidak akan tersalur sempurna/mampat

    Resiko : arus yang lebih besar membutuhkan perhatian lebih, terutama mobil2 dengan platina, besar kemungkinan platina tidak dapat meng akomodasi arus yang terlalu besar, aplikasi Modul seperti porter atau petronix sangat disarankan.

    Biaya : 700rb - 2jt

    - busi : Penggunaan busi bertipe IRIDIUM dianjurkan, karena iridium tip terbukti lebih fokus menghasilkan api, dan memiliki ketahanan yang lebih tinggi dibanding platinum ( check www.denso.com )

    Biaya : 300rb - 800rb

    - Kabel Busi : Kabel busi sebagai penyalur arus listrik ke busi harus memiliki kualitas baik, sebaiknya gunakan kabel dengan ukuran diatas 9mm dengan multiple ( double atau lebih ) core, Perhatikan juga bahan pembungkus / jacket cable, gunakan kabel dengan jaket yang anti panas, karena listrik yang di alirkan cukup besar, maka jika terjadi jaket terkelupas, maka akibatnya akan sangat sangat fatal.

    Resiko : Aplikasi kabel busi aftermarket yang tidak berkualitas bagus, dapat menyebabkan terjadinya arus pendek yang sangat berbahaya


    Biaya : 500rb - 2 jt

    - Grounding Wire : Grounding wire yang diposisikan pada kepala silinder, sangat membantu kelancaran arus listrik yang di alirkan ke busi, sehingga secara langsung akan meningkatkan pengapian.

    biaya : 200rb - 2jt

    - Ignition Stabilizer : Pada mobil mobil modern yang tidak tersedia aftermarket coil atau telah menggunakan direct coil system ( Jazz, Swift, CK4 ) Ignition Stabilizer dapat di aplikasikan sebagai pengganti coil dan kabel busi, dimana alat ini merupakan kapasitor dengan kemampuan tinggi yang akan menstabilkan arus menuju ke busi ( spark plugs )

    Biaya : 600rb - 750rb
    • 2.Bensin
      - Fuel Pressure Regulator : Berguna meningkatkan tekanan ( bukan debit/jumlah ) bensin yang dialirkan ke injector, dengan naiknya tekanan bensin yang masuk ke injector, maka bensin akan lebih cepat untuk dapat di semprotkan ke ruang bakar, sehingga mengurangi gejala kurang bensin

      Resiko : Perhatikan kualitas barang dan installasi, karena kebocoran pada alat ini dapat menyebabkan kebakaran


      Biaya : 750rb - 2jt

      - Fuel Pump : Aplikasi Fuel Pump aftermarket dapat menambah jumlah bahan bakar yang di pompa ke injector, maka jika kita sudah memperbesar api maupun udara, dengan penambahan debit/jumlah bahan bakar, otomatis ledakan akan makin besar juga

      Resiko : Fuel pump yang terlalu besar, dapat mengakibatkan injector tidak kuat untuk meng-akomodasi, perhatikan kemampuan injector saat ingin meng-upgrade alat ini


      Biaya : 1.5jt - 3 jt

      - Injector : Injector memegang peranan vital, karena alat ini yang menyemprotkan besin ke ruang bakar, injector yang berkapasitas besar dan memiliki tekanan tinggi juga dapat meningkatkan daya ledak di ruang bakar.

      Biaya : 2.5jt - 10 jt
      3. Udara 

  1. - Air Filter : penggantian filter udara aftermarket dimaksudkan untuk memasukan udara secara lebih lancar ke ruang bakar, gunakan filter udara dengan bahan dasar micro cotton untuk hasil terbaik.

    Resiko : Mesin akan relatif lebih cepat kotor, maka dari itu, lakukan perawatan berkala lebih sering, penggunaan type filter yang salah juga berpengaruh terhadap turun nya performa.


    Biaya : 500rb - 6 jt

    - Kompressor/Air Charger : Kompressor / Air charger merupakan alat yang adjustable untuk memasukkan udara dingin secara langsung ke engine vacuum, alat ini dapat mengatur seberapa banyak udara ekstra yang diperlukan oleh mesin untuk terjadinya pembakaran yang lebih sempurna.

    Resiko : Pengaturan yang tidak tepat dan tidak presisi akan mengakibatkan turun nya performa mesin


    Dengan menambah salah satu dari setiap item di atas, maka performa mobil akan otomatis terdongkrak.. brp banyak .. dynotest! <--- jangan pakai feeling apalagi ilmu kebatinan.... heheheh.. tapi masa sih upgrade 2 jt doang trus dyno.. hehehe klo sayang duit sih ya jangan.. toh kan udah logis penjelasannya 


    Cara 2 : Memperbesar Compression Ratio

    Setelah kita membahas cara memperbesar ledakan dengan memaksimalkan masing masing unsur, dan jika anda mencoba langkah langkah diatas, namun ternyata belum puas, maka cara kedua bisa ditambahkan .

    Namun mengingat biaya dan resiko yang ditempuh lebih besar, maka ada baiknya pertimbangkan matang matang sebelum anda melangkah ke cara ini, karena bisa dibilang cara ini adalah cara konvensional yang memiliki resiko cukup lumayan bagi anda yang hanya ingin sekedar "enak untuk harian"

    Apa sih kompresi itu ? gimana cara ukur nya ? apa hubungannya dengan performa
    Kompresi seberapa besar tekanan yang dapat ditampung di sebuah ruang tertutup, yang dalam hal ini adalah ruang bakar, satuan kompresi biasanya sudah ditulis dalam manual book mobil, atau dapat menggunakan beberapa alat pengukur kompresi untuk mengetahui kompresi mesin.

    Kompresi mesin sangat erat hubungannya dengan performa, karena semakin padat kompresi, maka tenaga yang dihasilkan untuk mendorong piston akan makin besar.

    a. Hal hal yang perlu di perhatikan sebelum memulai
    - Ukur kompresi mobil saat itu dengan alat
    - Periksa piston dan ring piston, apakah masih dalam kondisi prima
    - Periksa jalur air, udara, oli dan rumah piston, apakah masih dalam kondisi bagus
    - System pendinginan mesin harus dalam kondisi prima.
    - System pelumasan harus dalam kondisi bagus.

    b. Resiko yang mungkin dihadapi
    - Gejala Overheating / ngelitik 
    - Penggunaan bahan bakar ber oktan tinggi
    - Biaya Pengerjaan dan biaya tak terduga
    - Usia pakai beberapa parts akan cenderung berkurang

    c. Kelebihan yang didapat
    Peningkatan performa mesin secara signifikan ( kalo menurut saya sangat sangat sepadan kok dengan resikonya .. jadi ga haram melakukan ini )
    n untuk kendaraan Anda.

Komentar

  1. bang cara memasang piston yg benar gimna

    BalasHapus
  2. Brapa kompresi mesin 7k kl mau pasang super charjer

    BalasHapus
  3. Lucky Club Casino Site 2021
    Find out more about Lucky Club luckyclub Casino for all the games, promotions and bonuses, customer support, Lucky Club Casino is operated by the Curacao eGaming πŸŽ Welcome Bonus: 100% up to C$1600πŸ“ž Support: 24/7 Live Chat🎁 Minimum Deposit: C$10πŸ’° Welcome Offer: 100% up to C$2,000πŸ’° New Player Bonus: 50% up to C$2,000

    BalasHapus

Posting Komentar